Rabu, Juli 21, 2010

Mulai Memasak

Berhubung harga cabai yang melambung tinggi, mengakibatkan harga makanan di warteg yang memakai cabe menjadi lebih mahal dari biasanya, jadi setelah tertunda beberapa bulan, akhirnya gw memutuskan untuk mulai *sedikit demi sedikit* memasak. 

Mengapa memasak? berhubung kost deket sama supermarket jadi gampang cari bahannya, udah gitu bisa mengantisipasi kebosanan menu warteg yang itu-itu aja, selain itu adanya sugesti "makanan buatan sendiri terasa jadi lebih enak" moga-moga bisa turut mendukung gerakan penghematan, terutama di waktu weekend. 

Lalu dimulailah dengan menu pertama martabak mie cakalang. Maksudnya bahannya pake Indomie goreng cakalang aja, tadinya mau heboh pake irisan tomat, tapi eh ga bisa motong tomatnya, kudu liat video youtube dulu mengenai cara memotong tomat yang baik dan benar. mau pake bawang juga ga bisa ngupasnya *efek suara: wap wap wawwww* jadi untuk menghemat waktu yasudah ga pake apa-apa saja.

Jadi overall, dalam membuat noodle cake ini, bahan-bahan yang digunakan adalah:

  • 2 butir telur
  • 1 bungkus Indomie Goreng Cakalang
  • 2sdm Mentega blue band
  • 2 gelas air

pertama-tama rebus mie dalam air hingga matang, kemudian tiriskan. Lalu kocok 2 butir telur dan campurkan bumbu mie goreng, minyak, serta tambahkan bumbu penyedap lainnya, garam atau merica sesuai selera, lalu campurkan dengan mie dan aduk hingga merata.

panaskan wajan dan ketika cukup panas masukkan 2sdm Mentega, hingga seluruh mentega leleh, tuangkan campuran mie dan telur ke dalam wajan, lalu tunggu hingga lapisan bawah adonan terlihat memadat. secepatnya balikkan noodle cake tersebut sehingga seluruh bagiannya berwarna kecoklatan, tapi jangan sampai gosong. setelah terlihat matang, bisa diambil dan disajikan. 

kalau berhasil dan rapi sih bentuknya harusnya bulat sempurna, tp ehm.. krn susah ngebaliknya.. yah bisa dipotong ala pizza, dari tengah dan dibagi menjadi 8 bagian. Voila! 

Tidak ada komentar: